Kiat Menulis

# Kiat Menulis Paling Mendasar

Summary rating: 3 stars 17 Tinjauan
Pengarang : Syam Asinar Radjam
Summary by : syamasinarradjam

Semua orang bisa menulis. Semua orang bisa jadi penulis. Hanya saja, barangkali ketika hendak menulis, di benak kita terbetik sebuah pertanyaan, “bagaimana menulis dengan baik?”. Lalu, kita sibuk mencari kiat-kiat menulis (writing tips).

Belajar dari pengalaman, ketika belajar memanjat tebing (wall climbing), sorang instruktur berujar: the best training to be a climber, just climb!

Maka dengan rumusan yang sama, kiat terbaik menjadi penulis, ya menulis saja. Tulis semua hal yang ingin kita tulis, tulis apa saja yang kita ingin ia dibaca banyak orang, tulis saja apa yang kita ketahui. Untuk sementara waktu, lupakan dulu semua kiat-kiat menulis yang lain, sampai ketika diperlukan untuk dalam pengembangan tulisan.

Ringkasan lain tentang Kiat Menulis Paling Mendasar

Link yang relevan:

http://softtext.wordpress.com/2007/08/22/tips-menulis-paling-mend ..

# Kiat Menulis: Agar Produktif dan Punya Banyak Ide

Author: jonru. 17 May 2007 : 10:29 am.

Apa resepnya agar kita bisa produktif menulis? Bagaimana caranya agar kita selalu banyak ide untuk menulis?

Terus terang, dulu saya belum punya jawaban yang pas untuk pertanyaan ini. Secara objektif, saya merasa bahwa saya cukup produktif menulis, dan selalu banyak ide untuk dituangkan. Tapi begitu ada orang yang tanya apa resepnya, saya bingung harus menjawab apa.

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu saya menemukan jawaban itu! Ini bermula dari kunjungan saya ke sebuah diskusi sastra di Universitas Indonesia, pembicaranya adalah Maman S. Mahayana.

Sastrawan kita yang satu ini berkata, “Rajin-rajinlah menulis. Lama-kelamaan di otak kamu akan terbentuk sebuah ’sistem menulis’.”

Ya, kalimat aslinya memang tidak seperti itu. Saya hanya menulis ulang berdasarkan ucapan Bang Maman yang saya dengar.

* * *

Kalau kita amati, setiap manusia memang punya kecenderungan yang berbeda-beda. Cobalah amati perilaku seorang pebisnis MLM. Setiap kali ketemu orang, bawaannya selalu ngajak ikutan, merayu setiap orang agar mau jadi downline-nya, atau minimal membeli produk-produknya. Sepertinya, ia selalu melihat semua orang sebagai mesin uang yang siap untuk dikeruk.

Kenapa bisa seperti itu? Sebab, pada otak si pebisnis telah terbentuk sebuah “sistem MLM”. Sistem ini menyebabkan dia selalu melakukan hal-hal yang berhubungan dengan MLM: mencari downline, merayu orang, memuji-muji produk yang ia jual, dan sebagainya.

* * *

Nah, hal seperti ini pun berlaku pada dunia penulisan.

Kenapa kita tidak bisa produktif menulis? Kenapa kita sulit menemukan ide tulisan? Bisa jadi, ini karena di dalam otak kita belum terbentuk “sistem menulis”. Otak kita belum menjadi “writing oriented”.

Karena itulah, kita harus melatih otak kita agar menjadi “writing oriented”, agar di dalamnya terbentuk sebuah “sistem menulis”.

Caranya:

  1. Jadikan kegiatan menulis sebagai pilihan hidup, bukan hobi semata yang dikerjakan hanya ketika ada mood, atau hanya ketika ada sisa waktu. Dengan kata lain, jadikanlah kegiatan menulis menjadi bagian dari gaya hidup anda (Inilah sebabnya, saya sekarang pakai motto “Writing is not my hobby. It’s a part of my life“).
  2. Rajin-rajinlah menulis. Tulislah apa saja yang bisa ditulis. Hari ini kamu telat bangun? Tulis! Kemarin kamu menyenggol kucing tetannga? Tulis! Kamu ingat pada seorang teman di masa lalu yang sangat lucu? Tulis! Kamu ingin mendebat ucapan seseorang? Tulis! Kamu bosan melihat perilaku para politisi? Tulis! Pokoknya tulislah apa saja. Cara menulisnya bisa dibaca di sini.

Intinya, kita harus membiasakan diri untuk menulis. Semakin sering menulis, insya Allah keahlian kita makin baik, dan otak kita akan semakin sering mengeluarkan ide-ide cemerlang.

Apakah ini hanya teori semata? Tidak! Sebab saya sudah pernah membuktikannya.

Antara tahun 1996 hingga 2004, saya vakum menulis, bahkan melupakan dunia penulisan. Saat itu, sulit sekali rasanya bagi saya untuk menemukan ide tulisan.

Sejak 2004, saya kembali rajin menulis. Saya juga mulai rajin ngeblog. Dan subhanallah…. Di luar dugaan, hampir setiap saat selalu muncul ide-ide baru di pikiran saya. Saking banyaknya, saya kewalahan sehingga banyak ide tersebut yang belum sempat ditulis.

Penulis terkenal Stephen King dalam bukunya On Writing pun menceritakan hal yang mirip. Ia pernah kecelakaan sehingga harus istirahat selama tiga bulan. Selama itu, dia tidak menulis sama sekali. Ketika ia sudah baikan dan mulai menulis lagi, Stephen King merasa amat sulit menulis. “Saya seperti seorang penulis pemula yang belum tahu bagaimana cara menulis,” ujarnya.

Lalu ketika memaksakan diri dan terus berlatih menulis, Stephen King pun merasakan hal yang luar biasa: kemampuan menulisnya kembali seperti sediakala.

* * *

Saat ini, para penulis era teknologi informasi diuntungkan oleh kehadiran blog. Media yang satu ini memungkinkan kita menulis tentang apa saja dan dengan cara apa saja yang kita inginkan, tanpa harus melalui prosedur “seleksi naskah” dan sebagainya. Kita adalah raja pada blog buatan kita, karena itu kita bebas mengisinya dengan apa saja yang kita mau.

Nah, jika kamu ingin menjadi penulis yang produktif dan banyak ide, cobalah terapkan kiat di atas, dan segeralah membuat blog (jika belum punya). Ketahuilah, blog sangat bermanfaat bagi para penulis.

Cilangkap, 17 Mei 2007
Jonru

  1. assalamualikum..sukron mas naskahnya…terus terang saya juga lagi belajr ini…belajar dan belajar….tolong sharinbareng-bareng ya mas….blog saya baru umur 1 hari..berantakan..he..he..he…..

    wslm

    Jwb:
    Walaikumsalam, Af1 lm? Habis tes kerja. Ok terima kasih kmbali. Saya juga senang koq bisa sharing2 dengn tmn2. Sip kalau butuh apa langsung kirim email atau comment di blog. OK? Gpp semangat meskipun baru bikin blog. Yang penting komit aja tuk di update blog nya!! Ganbatte gozaimasu,.. semangat!! Wass,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: